Respons Mahasiswa terhadap Pembelajaran Berbasis Guided Discovery pada Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Makhluk Hidup

Authors

  •   Aida Fikriyah  Universitas Trunojoyo Madura,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.3
 

Keywords:

Activity, response, guided discovery

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis Guided discovery pada mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif kuantitatif dengan sasaran sebanyak 46 mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA semester IV tahun akademik 2018/2019 yang dilaksanakan pada perkuliahan Anatomi dan Fisiologi Makhluk Hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa respons mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis Guided discovery pada mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Makhluk Hidup termasuk dalam kategori kuat.

Kata Kunci: aktivitas, respons, guided discovery

 

Abstract

This research aimed at describing the students’ response toward Guided discovery learning in Anatomy and Physiology of Organisms lecture. It included a quantitative-qualitative descriptive study which involved 46 students of Science Education Department on the 4th semester, in the academic year of 2018/2019 as the subjects. Findings obtained in this study indicated that students showed positive response toward the learning process. To conclude, the students’ response toward Guided discovery learning in Anatomy and Physiology of Organisms lecture can be categorized as strong criteria.

Keywords: Activity, response, guided discovery

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Fikriyah, A. (2019). Respons Mahasiswa terhadap Pembelajaran Berbasis Guided Discovery pada Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Makhluk Hidup. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.3

Most read articles by the same author(s)