Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  •   Diana Rahayu  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,  Indonesia
  •   R Ading Pramadi  Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Djati,  Indonesia
  •   Meti Maspupah  Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Djati,  Indonesia
  •   Tri Wahyuni Agustina  Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Djati,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66
 

Keywords:

Flipbook interaktif, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Struktur dan Fungsi Sel, Interactive Flipbook, Cell Structure and Function, Learning Media, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, menganalisis hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Flipbook Interaktif. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan pretest-posttest desain dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampl. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, soal pilihan ganda, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data keterlaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik, dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 94% dan rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 74,16%. Penggunaan media pembelajaran Flipbook Interaktif pada materi Struktur dan Fungsi Sel dapat membantu secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar N-Gain 0,43% dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunaakn media pembelajaran Flipbook Interaktif pada materi Struktur dan Fungsi Sel adalah 81% dengan kategori sangat tinggi.

 

ABSTRACT
The purpose of this study was to describe the implementation of the learning process, analyze student learning outcomes, and describe student responses to the use of interactive Flipbook learning media. The method used is Pre-Experimental with a pretest-posttest design with a sample of 30 students taken using a purposive sample technique. The instruments used in this study were observation sheets, multiple choice questions, and student response questionnaires. Based on data analysis, the implementation of learning can be carried out well, with an average implementation of teacher activities of 94% and an average implementation of student activities of 74.16%. The use of interactive flipbook learning media on Cell Structure and Function material can help improve student learning outcomes significantly with an N-Gain of 0.43% in the medium category. Student response to learning by using interactive Flipbook learning media on Cell Structure and Function material is 81% with a very high category.

 

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rahayu, D., Pramadi, R. A., Maspupah, M., & Agustina, T. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66