Development of Pop-up Books as Biology Learning Media on Class XI Human Reproductive System Material

DOI:
https://doi.org/10.35719/mass.v4i1.78Keywords:
ADDIE, Materi Sistem Reproduksi, Media Pembelajaran, Pop-Up BookAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan pop-up book sebagai media pembelajaran biologi dan mendeskripsikan kevalidan pop-up book sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan evaluation). Tahap pada penelitian ini sampai pada tahap development karena keterbatasan kondisi pandemi covid-19 sehingga tidak memungkinkan dilakukan sampai tahap evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa angket yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pengembangan pop-up book ini masih sebatas uji kevalidan produk yang melibatkan lima validator meliputi dua validator ahli materi, dua validator ahli media dan satu orang guru biologi Berdasarkan hasil validasi pop-up book yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh hasil sebesar 92,66%, hasil validasi ahli media 90,62%, hasil validasi guru 93,33% dengan kategori sangat valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book sangat valid sebagai media pembelajaran biologi bagi peserta didik.