Metode Jarimatika Berbasis Role Play dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.70Keywords:
Jarimatika, Matematika, Mathematics, Method, Metode, Role and PlayAbstract
Abstrak
Selama ini siswa mengalami kesulitan dalam menghitung perkalian. Tak sedikit siswa yang membutuhkan waktu lama untuk menghitung hasil perkalian tersebut. Penggunaan jarimatika berbasis role play dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembeajaran, terutama dalam kegiatan menghitung. Penggunaan metode jarimatika berbasis role play bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian menggunakan metode jarimatika berbasis role play pada siswa kelas II SDN Kesongo 01 Tuntang Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar setiap siklus yang berpatokan pada KKM SDN Kesongo 01 yaitu 75 dengan Ketuntasan Klasikal 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika berbasis role play dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus, rata-rata siswa mulai 64 menjadi 63,33 dan di siklus 2 meningkat menjadi 92,08. Dari pra siklus ke sikus I presentase ketuntasan siswa meningkat dari 25% menuju 37,5% dan di siklus II lebih meningkat lagi menjadi 95,83%. Dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika berbasis role play dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran matematika. Selain pengetahuan siswa yang meningkat, keaktifan, kerja sama dan rasa tanggung jawab mereka juga meningkat.
Abstract
The students had difficulty in counting multiplication .Not a few students who have taken a long time to count the result of .The use of jarimatika based role play can help students who have trouble in the process pembeajaran , especially in the count .Usage method of jarimatika based role play aims to review the matter of mathematics in a jarimatika based role play at the class ii sdn kesongo tuntang semarang 01 a year 2017 / 2018 .The research is the class action ( PTK ) data collection method that uses the test , observation , as well as documentation . An analysis of the data done by means of any study results compare in value the related to the kkm SDN Kesongo 01 ketuntasan klasikal 75 to 85%. This research result indicates that the implementation of a method based jarimatika role play can improve learning outcomes students.It is demonstrable from the cycle, pre student average from 64 63,33 and 2 to the increased to 92,08.Of the the percentage to pre i sikus ketuntasan students increased from 25 % to 37,5 % and cycle increase to 95,83 %.It can be concluded that method based jarimatika role play can improve learning outcomes math. Students that rises, besides knowledge liveliness, cooperation and a sense of responsibility they also increase.