Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape
DOI:
https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.6Keywords:
Mathematical communication, PISA question, space and shapeAbstract
Abstrak
Komunikasi matematis merupakan salah satu hal penting dalam menyelesaikan masalah pada studi PISA. Komunikasi matematis adalah kemampuan mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren kepada teman, guru, dan lainnya melalui bahasa lisan maupun tulisan yang disertai dengan penjelasan dan justifikasi. Karena pentingnya kemampuan komunikasi yang dimiliki oleh siswa, maka muncul gagasan untuk menganalisis tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten space dan shape. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten space and shape. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis sangat baik dengan hampir memenuhi seluruh indikator; 2) siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang memiliki komunikasi matematis baik dengan memenuhi indikator hingga dapat menjelaskan suatu permasalahan dengan baik.
Kata Kunci: komunikasi matematis, Soal PISA, space and shape
Abstract
Mathematical communication is one of the important things in solving problems on the PISA study. Mathematical communication is the ability to express mathematical ideas coherently to friends, teachers, and others through spoken and written language accompanied by explanations and justifications. Because of the importance of communication skills possessed by students, then the idea arises to analyze the level of mathematical communication skills of students in solving PISA questions of space and shape content. The purpose of this study is to describe the mathematical communication skills of students in solving PISA questions on space and shape content. This research uses a qualitative approach, with descriptive research type. The results of this study indicate that 1) students with high mathematical abilities have excellent mathematical communication skills with almost all the indicators; 2) students who have mathematical abilities are having good mathematical communication by meeting the indicators so that they can explain a problem well.
Keyword: Mathematical communication, PISA question, space and shape