Inventarisasi dan Identifikasi Problem Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Inklusi Kabupaten Jember

Authors

  •   Fikri Apriyono

DOI:

https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.119
 

Keywords:

inklusi, pembelajaran matematika, inventarisasi, problematika

Abstract

Inklusi adalah sebuah filosofi pendidikan dan sosial, dimana inklusi meyakini bahwa semua orang adalah bagian yang berharga dalam kebersamaan masyarakat, apapun perbedaan yang ada. di dalam Al-Qur`an disebutkan bahwa hakikat manusia adalah makhluk yang satu sama lain berbeda (individual differences). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dengan triangulasi, analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Penelitian dilaksanakan di SMP Inklusi TPA Jember berdasarkan pertimbangan bahwa peneliti sudah melakukan observasi awal dan tertarik untuk meneliti di SMP TPA Jember. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP Inklusi TPA Jember yang merupakan informan utama. Di dalam penelitin ini disimpulkan bahwa hasil inventarisasi problem- problem pembelajaran matematika siswa di SMP Inklusi TPA Jember menunjukkan bahwa terdapat problem internal dan eksternal pembelajaran matematika siswa di SMP Inklusi TPA Jember yaitu: Problematika terkait siswa, Problematika faktor guru, Problematika terkait Sarana dan Prasarana, Problematika terkait Lingkungan Keluarga Siswa, Problematika terkait Kurikulum, Peneliti juga mendeskripsikan solusi pembelajaran matematika siswa di SMP Inklusi TPA Jember yaitu Solusi terhadap problematika faktor guru, Solusi terhadap problematika terkait Sarana dan Prasarana, Solusi terhadap problematika terkait Lingkungan Keluarga Siswa, Solusi terhadap problematika terkait Kurikulum, Solusi terhadap problematika terkait Siswa. Dengan adanya solusi yang direkomendasikan oleh peneliti, sekolah dan guru sebaiknya segera menyelenggarakan berbagai kegiatan pelatihan agar dapat memajukan sekolah inklusi yang ada di Kabupaten Jember. Sekolah dapat bekerja sama dengan pemerhati pendidikan agar dapat tercapai sekolah yang baik dan layak bagi siswa ABK dan Non ABK ketika belajar di sekolah inklusi.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Apriyono, F. (2020). Inventarisasi dan Identifikasi Problem Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Inklusi Kabupaten Jember. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 215–232. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.119